Jumat, 02 Desember 2011

Aksara Jawa Bakal Masuk Font Windows

Mungkin anda belum pernah melihat aksara Jawa digunakan dalam program penulisan / pengetikan di komputer. Namun rencananya aksara Jawa yang biasa dikenal dengan istilah Hanacaraka itu akan segera jadi bagian font dalam program Windows teranyar dalam komputer buatan Microsoft.

"Unesco telah membantu kami mendaftarkan aksara Jawa masuk font komputer kepada Unicode," kata Ki Demang Sokowetan, pemerhati aksara dan bahasa Jawa, di Surabaya, Kamis 1 Desember 2011.

Di sela-sla Kongres Bahasa Jawa (KBJ) ke-5 di Surabaya, Demang Sokowetan menuturkan Unicode selaku lembaga resmi yang berwenang membuat standar kode pada sistem komputer di seluruh dunia telah mengakui aksara Jawa masuk dalam font komputer.

"Sekarang kami tinggal menunggu realisasinya," kata dia lagi. "Microsoft sudah berjanji akan memasukkan dalam Windows versi terbaru. Kalau sekarang Windows7, ya mungkin nanti Windows8 atau versi terbaru sudah ada."

Sampai saat ini, katanya, banyak teman peneliti asing siap membantu peluncuran software Jawa itu di negaranya. "Saya masih berharap peluncuran software Jawa itu ya di Jawa. Saya menunggu respons pihak berwenang dulu," kata Ki Demang. Ya, kita tunggu saja apakah Microsoft akan memenuhi janjinya di Windows versi berikutnya.

Sumber: www.tempo.co