berupaya untuk mencegah pengguna yang sah mengakses informasi atau
layanannya. Dengan penargetan komputer dan koneksi jaringan, penyerang
mungkin dapat mencegah Anda dari mengakses email, website, rekening
online (perbankan, dll), atau layanan lain pada komputer yang terkena
dampak.
Jenis yang paling umum dan jelas serangan DoS terjadi ketika seorang
penyerang "membanjiri" jaringan dengan informasi tertentu. Ketika Anda
ketik sebuah URL untuk situs Web tertentu ke dalam browser, Anda akan
mengirimkan permintaan ke server komputer untuk melihat halaman situs
tersebut. Server hanya dapat memproses sejumlah permintaan sekaligus,
jadi jika overloads permintaan tersebut tidak dapat diproses atau
terjadi hambatan proses pengiriman informasi tersebut. Ini adalah
penolakan "pelayanan" karena Anda tidak dapat mengakses situs
tersebut.
Seorang penyerang dapat menggunakan pesan spam email untuk memulai
serangan serupa pada account email Anda. Apakah Anda memiliki account
email yang disediakan oleh Situs Anda atau melalui layanan gratis
seperti Yahoo atau Hotmail, Anda akan diberi kuota tertentu, yang
membatasi jumlah data yang Anda kirim maupun tampung. Dengan mengirim
banyak pesan email, atau besar, untuk account email, penyerang bisa
mengkonsumsi kuota Anda.
131310305643706514 Pengertian Serangan DDoS
Apa yang dimaksud dengan penolakan didistribusikan-of-service (DDoS) serangan?
Dalam didistribusikan penolakan-pelayanan-(DDoS) serangan, penyerang
dapat menggunakan komputer Anda untuk menyerang komputer lain. Dengan
mengambil keuntungan dari kerentanan keamanan atau kelemahan,
penyerang bisa mengambil alih komputer Anda. Dia kemudian bisa memaksa
komputer Anda untuk mengirim data dalam jumlah besar ke situs web atau
mengirim spam ke alamat email tertentu. Serangan itu merupakan
"didistribusikan" karena penyerang menggunakan beberapa komputer,
termasuk Komputer Anda, untuk memulai penolakan-serangan-layanan.
Bagaimana Anda menghindari menjadi bagian dari masalah?
Sayangnya, tidak ada cara yang efektif untuk mencegah menjadi korban
dari serangan DoS atau DDoS, tetapi ada langkah-langkah yang dapat
dilakukan untuk mengurangi kemungkinan seorang penyerang akan
menggunakan komputer Anda untuk menyerang komputer lain:
>> Instal dan memelihara perangkat lunak anti-virus.
>> Instal firewall, dan konfigurasikan untuk membatasi trafik yang masuk ke dan meninggalkan komputer.
>> Ikuti praktik keamanan yang baik untuk membagikan alamat email Anda. Menerapkan filter email yang dapat membantu Anda mengelola lalu lintas yang tidak diinginkan.
Bagaimana Anda tahu sebuah serangan terjadi?
Tidak semua gangguan layanan adalah hasil dari
penolakan-serangan-layanan. Mungkin ada masalah teknis dengan jaringan
tertentu, atau sistem administrator dapat melakukan pemeliharaan.
Namun, gejala berikut bisa menandakan serangan DoS atau DDoS:
>> Luar biasa, memperlambat kinerja jaringan (membuka file atau mengakses situs web)
>> Tidak tersedianya situs web tertentu
>> Ketidakmampuan untuk mengakses situs web apapun
>> Peningkatan dramatis jumlah spam yang Anda terima di account Anda
Apa yang Anda lakukan jika Anda berpikir Anda mengalami serangan?
Bahkan jika Anda lakukan dengan benar mengidentifikasi serangan DoS
atau DDoS, kemungkinan bahwa Anda akan dapat menentukan target yang
sebenarnya atau sumber serangan. Hubungi teknis profesional yang
sesuai untuk bantuan.
>> Jika Anda melihat bahwa Anda tidak dapat mengakses file Anda sendiri atau mencapai situs web eksternal dari komputer kerja Anda, hubungi administrator jaringan Anda. Hal ini dapat menunjukkan bahwa komputer Anda atau jaringan organisasi Anda sedang diserang.
>> Jika Anda mengalami pengalaman yang serupa di komputer rumah Anda, pertimbangkan untuk menghubungi penyedia layanan internet (ISP). Jika ada masalah, mungkin ISP menyarankan untuk tindakan yang tepat.